Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Baru Baca Kitab Fathul Qarib

Metode Baru Baca Kitab Fathul Qarib

Ansormayong.or.id - Berawal kenal di FB dengan Ust Muchtar Makin Yahya yang lulusan Al-Azhar, Mesir, tiba-tiba mengenalkan hasil karyanya dan sekaligus meminta kata pengantar. Salah satunya berbahasa Arab.

Rupanya alumni Bata-bata, Pamekasan, ini bersama Tim Ruang Ngaji menyusun sebuah kitab yang tidak sama dengan Hasyiah Bajuri, At-Tadzhib atau lainnya, melainkan berbentuk metode baru yang menyertakan kedudukan i'rob, seperti kalimat Isim/ kata kerja, kalimat fiil / kata kerja, mubtada', khabar, fail / subjek, maf'ul / objek dll.

Uniknya tidak menyertakan tanda i'rob seperti fathah, dhammah, kasrah dan sukun. Cara ini menurut saya lebih menguatkan daya pikir dan analisa agar tidak mudah lupa.

Kitab seperti ini sangat bermanfaat untuk para pemula yang hendak praktek baca kitab atau setoran kepada guru, termasuk sebagai latihan untuk mengikuti lomba baca kitab karena Fathul Qarib ini termasuk kurikulum yang hampir pasti dibaca oleh Pondok Pesantren di lingkungan NU yang bermazhab Syafii.

Kitab tersebut diberi nama Tadrib. Sebagai gandengannya ada kitab Kamus Al-Mukhtar dengan terjemah perkata juga dari kitab Fathul Qarib.

*FB Kyai Ma'ruf Kozin, tinggal di Surabaya, Pernah belajar di PP. Al Falah Ploso, Mojo Kediri.

Posting Komentar untuk "Metode Baru Baca Kitab Fathul Qarib"